12 Gejala Kanker Payudara

by kusmayadi on Oktober 07, 2021

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang tinggi di dunia dan di Indonesia. Berdasarkan Globocan 2020, diperkirakan 1 dari 5 orang menderita kanker di dunia. Kanker payudara merupakan kanker terbanyak pada wanita, yaitu sebanyak 24,5 % dari seluruh kanker.

Di Indonesia, kanker payudara merupakan kanker tertinggi dengan angka kejadian 44 per 100.00 penduduk dengan angka kematian 15,3 per 100 penduduk (data BPJS Kesehatan).

Sudah seberapa jauh Mom's & Ladies mengenal kanker payudara? Sebab benjolan bukan satu-satunya tanda. Ada beberapa gejala kanker yang perlu diwaspadai sebelum sel kanker ganas menjalar dan semakin sulit disembuhkan.

Untuk tahu gejala kanker sebenarnya ada cara unik, salah satunya dengan mengamati lemon. Bagaimana bisa?

Ini adalah  inisiasi worldwidebreastcancer.org untuk semakin meningkatkan kesadaran kanker payudara. Gambar lemon digunakan untuk memudahkan wanita mengenal ciri-cirinya. Ini semua berdasarkan kondisi asli seorang pasien kanker payudara bernama Erin Smith Chieze.

Kedua belas lemon  inilah yang menunjukkan kondisi kanker payudara. Ada yang cairannya bocor, puting yang ke dalam, kulit membusuk dan sebagainya. 

"Kami perlu memberikan informasi nyata bahwa ini tidak lucu. Tanpa melihat gambar ini dengan informasi yang nyata, orang akan melihatnya," kata Chieze, seperti dilansir Daily Mail, Senin (6/3/2017).

Dengan memperlihatkan ini, Chieze berharap orang lain jadi lebih peka dengan setiap perubahan payudara mereka. Dan lagi, ia ingin membantu pasien kanker payduara lain melalui donasi.

Berikut 12 tanda-tanda kanker payudara yang harus Mom's & Ladies ketahui:

1. Kulit yang menebal pada payudara

Penebalan jaringan payudara tiba-tiba dapat menjadi tanda ada kondisi serius seperti kanker payudara lobular atau inflamasi.

2. Lekukan 

Beberapa orang mengalami payudaranya bengkok atau penyok. Hal ini bisa disebabkan karena jaringan payudara tertarik ke dalam.

3. Erosi kulit

Pada kasus kanker yang jarang terjadi, sel kanker biasanya tumbuh di bawah kulit dan menembus hingga membuat luka di permukaan kulit.

4. Kemerahan

Jika payudara terasa hangat ketika disentuh dan disertai kemerahan, hal ini bisa jadi tanda kanker payudara.

5. Keluar cairan

Cairan yang keluar dari salah satu payudara bisa bernoda darah, atau berwarna cokelat bisa menjadi tanda kanker.

6. Penarikan kulit (dimpling)

Kulit yang tertarik juga tanda umum  kanker payudara.

 7. Benjolan

Pembengkakan atau benjolan yang biasanya tanpa disertai rasa sakit perlu segera diselidiki.

8. Tumbuh vena

Perubahan pembuluh darah bisa menjadi tanda bahwa kanker menghalangi pembuluh darah

9. Puting ke dalam

Puting pada umumnya keluar, namun dalam beberapa kasus puting bisa menarik ke dalam. Hal ini mungkin karena ada benjolan di belakang puting.

10. Bentuk baru

Setiap perubahan bentuk atau ukuran yang tidak terkait dengan siklus menstural harus diselidiki

11. Kulit seperti jeruk

Adanya keriput dan  penumpukan jaringan di payudara seperti kulit jeruk dapat disebabkan oleh adanya cairan di payudara

12. Benjolan keras dan tidak bergerak

Bahkan ada banyak gejala lain dan sangat penting. Sebuah benjolan kanker sering terasa keras dan tidak bergerak seperti biji lemon.

BACK TO TOP BACK TO TOP