Tips Menentukan Ukuran Bra Yang Tepat

by kusmayadi on Oktober 06, 2021

Ukuran cup bra untuk setiap wanita bisa saja berubah-ubah. Tahukah kamu kalau wanita bisa berganti enam ukuran bra sepanjang hidupnya? Ya, ukuran cup bra bisa berubah karena berbagai faktor, seperti kehamilan, fluktuasi hormon, penuaan, dan perubahan berat badan. Untuk menghindari pembelian sia-sia karena cup bra yang tidak pas, baiknya kita paham cara pengukuran payudara sendiri dengan benar. 

 Ukuran bra yang pas seharusnya tidak terlalu ketat ataupun longgar, sehingga bra akan tetap pada tempatnya saat kamu bergerak. Mengenakan cup bra yang tidak pas bukan hanya soal estetika tapi juga mempengaruhi kesehatan tubuh. Memakai ukuran bra yang salah akan menimbulkan dampak buruk seperti sakit kepala belakang karena otot leher dan punggung atas yang bekerja lebih keras untuk menopang payudara, timbul rasa nyeri diakibatkan cup bra yang terlalu ketat akan menekan otot-otot, payudara kendur disebabkan oleh penggunaan cup bra yang longgar, serta muncul ruam karena penggunaan bra yang terlalu ketat dapat melukai kulit sekitarnya. 

 Lakukan cara mengukur ukuran cup bra yang mudah berikut ini

Perhitungan yang harus kamu lakukan saat mengukur ukuran cup bra cukup sederhana, tapi hal ini bisa membingungkan jika kamu tidak mengerti cara mengukurnya. Pada dasarnya, untuk menentukan jenis cup dan ukuran bra secara akurat kamu perlu mengukur lingkar tulang rusuk dan lingkar payudara. 

 

 
   

 

 

 Hal tersebut dilakukan dengan cara mengukur lingkar dada dan payudara dengan meteran. Hasil hitungan itulah yang nantinya akan digunakan untuk menentukan ukuran bra dan jenis cup yang tepat untuk digunakan. Ukuran bra yang pada umumnya tersedia adalah 32, 34, 36, 38, 40 dan seterusnya. Sementara, jenis cup yang tersedia adalah A, B, C, D dan seterusnya. Nah, supaya kamu tidak lagi salah menentukan ukuran serta jenis cup bra, mari lakukan cara mudah  ini!

1. Mengukur lingkar dada di bagian bawah payudara alias under bust

Lingkari pita ukuran (meteran) mengelilingi dada tepat berada di bawah payudara kamu, pastikan meteran tidak menempel terlalu ketat atau longgar. Biasanya, kamu akan mendapati angka lingkar dada mulai dari 60 cm hingga 105 cm.

 Ukuran bra umumnya dalam satuan inci yakni dari ukuran 32-40. Jangan lupa untuk bulatkan hasil ukuran, misalnya hasil yang didapat adalah 33,8 inci berarti kamu bulatkan menjadi 34. Pada umumnya meteran hadir dalam satuan centimeter (cm) dan juga inci. Kalau kamu terbiasa dengan satuan centimeter, maka 1 cm sama dengan 0.39 inci. Jika payudaramu 80 cm berarti dapat memilih bra dengan lingkar bawah payudara 36. 

Berikut daftar ukuran lingkar bawah payudara:

https://justfiori.com/images/chart-bra.jpg

2. Ukur payudara bagian atas atau top bust

Lingkarkan meteran atau pita ukuran mengelilingi area payudara yang atas dan paling penuh, yaitu sejajar dengan puting. Angka yang kamu dapatkan harus lebih besar dari lingkar dada yang sebelumnya telah diukur. Saat mengukur menggunakan pita ukuran, pastikan tidak dalam kondisi yang terlalu ketat maupun longgar, ya. 

3. Ukuran top bust dikurangi under bust untuk mendapatkan cup size yang sesuai

Cara mengetahui ukuran cup bra adalah dengan mengurangi ukuran lingkar payudara dengan lingkar dada yang telah diukur sebelumnya (top bust - under bust = cup size). Berikut ukuran hasil pengurangan top bust dan under bust beserta cup size pada umumnya: 

https://justfiori.com/images/chart-bra.jpg

Setelah kamu berhasil mengukur ukuran top bust dan under bust, sekarang saatnya kamu memilih bra yang paling tepat untuk ukuranmu. Berikut tips yang bisa dipraktikkan.  

- Trik dua jari. Memilih bra haruslah yang pas, tidak memberikan rasa sesak, juga tak terasa longgar. Caranya adalah dengan memasukkan dua jari kamu ke tengah-tengah bra. Jika masih ada celah untuk dua jari, berarti bra tersebut pas dengan lingkar dada bawah. Ketika bagian belakang bra selalu naik ke atas dan kamu harus menarik tali pada bahu sepanjang hari, maka pengait bra kamu mungkin terlalu longgar untuk dipakai. Kamu memang bisa selalu menarik kait tali bra di belakang, namun kalau tidak berhasil juga berarti kamu harus memilih ukuran yang ada di bawahnya.

- Memilih cup. Jika kamu memilih bra yang cup-nya terbentuk, maka payudara kamu harus mengisi dengan pas, tidak ada lipatan payudara seperti sesak dan tumpah ke luar, serta jangan ada ruang tersisa di bra cup. 

- Gerakkan tanganmu. Sama seperti cara pertama, jika pita pengait terus naik ke atas dan payudara kamu seperti ke luar ke bagian bawah bra, mungkin bra kamu terlalu besar. Cobalah untuk menarik tali pada bahu untuk membuat pita pengait dan cup menjadi pas, jika tidak berhasil, maka turunkan ukuran bra kamu.

- Cek lipatan lemak. Jika ada lipatan lemak pada sisi-sisi bra, kemungkinan bra yang digunakan terlalu kecil. Pastikan tidak ada lipatan lemak yang keluar saat kamu memakai bra. 

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas, kini bukan hal yang sulit kan, untuk mengukur cup bra? tinggal pilih deh model Bra yang cocok buat kamu justfiori.com. Perlu diingat selalu, memakai bra yang tepat dapat menjaga payudara agar tetap sehat, indah, dan kencang. 

 

 

BACK TO TOP BACK TO TOP